Hello

spensafa.blogspot.com (Safa)

Rabu, 27 Mei 2015

PEMANASAN GLOBAL

PEMANASAN GLOBAL
Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi (turunnya air dari atmosfer, misal hujan, salju). Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya glester, dan punahnya berbagai jenis hewan.

1.            Penyebab dan Mekanisme Pemanasan Global
Matahari merupakan sumber energi. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk gelombang pendek. Ketika energi ini mengenai bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini memantul sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke luar angkasa.

Namun, sebagian lagi tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca, antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi meningkat.

Dengan makin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, makin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Sebenarnya efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya bumi akan menjadi sangat dingin. Akan tetapi saat ini jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer, sehingga mengakibatkan terjadinya pemanasan global

2.            Mengapa disebut “Gas Rumah Kaca”
Atmosfer bumi terdiri atas bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”.
Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gas-gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat. Dengan begitu, tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh baik karena memiliki panas matahari yang cukup.
 
3.            Dampak Pemanasan Global
a.      Mencairnya es di kutub

b.      Meningkatnya level permukaan laut
c.      Perubahan iklim yang makin ekstrim
d.      Gelombang panas yang makin meningkat

e.      Habisnya glester sebagai sumber air bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar